Pendidikan Kristiani sebagai Sarana Pembentukan Spiritualitas Generasi Milenial

Christian Education as a Tool for Spiritual Formation in the Millennial Generation

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46494/psc.v17i1.114

Keywords:

education, spiritually, millenial generation, transformation, formation

Abstract

This study aims to describe the importance of Christian education to form the spirituality of the millennial generation. Presented using a qualitative-descriptive approach with the support of literature studies. The conclusion is the Christian education is a vital tool that can shape the spirituality of the millennial generation. The Christian education style praises this goal is the relationship of friendship and love for others in the learning process by families, churches, and schools.

References

Afrizal. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers, 2017.

Andrianti, Sarah. “Pendidikan Kristen: Keseimbangan Antara Intelektual Dan Spiritualitas.” Jurnal Antusias (2012): 1–32. http://sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/antusias/article/view/32.

Atmadja, Hadinoto. “Isu-Isu PAK Yang Dihadapi Gereja Dalam Memasuki Abad XXI.” In Ajarlah Mereka Melakukan: Kumpulan Karangan Seputar Pendidikan Agama Kristen, edited by Andar Ismail. BPK Gunung Mulia, 2010.

Azizah. “Kebahagiaan Dan Permasalahan Di Usia Remaja Tantangan Perubahan Yang Dibawa Oleh Era Globalisasi.” Konseling Religi Jurnal Bimbingan Konseling islam 4, no. 2 (2013): 295–316.

Banawiratma, J.B. Pelayan, Spiritualitas & Pelayanan. Jakarta: Taman Pustaka, 2012.

Barus, Armand. “Spiritualitas Surat Kolose.” Jurnal Amanat Agung (2009): 26–29.

Boehlke, Robert R. Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen: Dari Plato Sampai Ignatius Loyola. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.

Brake, Andrew. Spiritual Formations. Bandung: Kalam Hidup, 2013.

Budiyana, Harid. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Kristen. Karanganyar: Berita Hidup Seminary, 2011.

Calvin, Yohanes. Institutio: Pengajaran Agama Kristen. Edited by Th. van den End Winarsih, J.S. Aritonang. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.

Cornelius Van Til, Louis Berkhof. Dasar Pendidikan Kristen. Surabaya: Momentum, 2013.

Dunn, Richard. Membentuk Kerohanian Anak Muda Di Zaman Postmodern. Edited by Literatur SAAT. Malang, 2012.

Fathoni, Abdurahmat. Metodologi Penelitian Dan Penyusunan Karya Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Febrianti, Adita. Arus Metamorfosa Millennial. Penerbit Ernst, 2018.

Groome, Thomas. Christian Religious Education. Edited by Daniel Stefanus. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.

Hara, Dea. “Kecerdasan Spiritual Berpengaruh Pada Kualitas Peserta Didik - Kompasiana.Com.”

Harefa, Febriaman Lalaziduhu. “Spiritualitas Kristen Di Era Postmodern.” Manna Rafflesia 6, no. 1 (2019): 1–23.

Harjanto, Sutrisna. “Visi Pendidikan Berdasarkan Konsep Panggilan.” Indonesian Journal of Theology 7, no. 1 (2020): 46–71. https://indotheologyjournal.org/index.php/home/article/view/5.

Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Rajawali Pers, 2017.

Hastuti, Ruwi. Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga sebagai Pusat Bermisi. Jurnal Antusias. Vol. 2, December 2013.

Hattu, Justitia Vox Dei. “Keterkaitan Pendidikan Kristiani Di Sekolah Dan Gereja.” Indonesian Journal of Theology 7, no. 1 (2020): 25–45. https://www.indotheologyjournal.org/index.php/home/article/view/4.

Homrighausen, E. G., and I. H. Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.

Hutagalung, Stimson, and Rolyana Ferinia. “Menjelajahi Spiritualitas Milenial?: Apakah Membaca Alkitab , Berdoa , Dan Menghormati Ibadah Di Gereja Menurun??” Jurnal Teruna Bhakti 2, no. 2 (2020): 97–111.

Jeane Marie Tulung, Agus Santoso. Mengasihi Tuhan, Mengasihi Sesama: Sepuluh Perintah Allah Dan Pendidikan Karakter. Penerbit Wahana Resolusi, 2017.

Kaelan, M.S. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat. Yogyakarta: Paradigma, 2005.

Kalis Stevanus, Nathanail Sitepu. “Strategi Pendidikan Kristen Dalam Pembentukan Warga Gereja Yang Unggul Dan Berkarakter Berdasarkan Perspektif Kristiani.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 10, no. 1 (2020): 49–66.

Lebang, Audy Haryanto. “Spiritualitas Pemuda Dan Kesiapannya Menjadi Presbiter Di GPIB Jemaat ‘Immanuel’ Makassar.” Jurnal Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia 5, no. 9 (2020): 751–773.

Main, Douglas. “Who Are The Millennials?”

Manoppo, Febri K. “Pola Asuh Anak Usia Dini Versi Orang Tua Millennial.” In Generasi Milenial: Diskursus Teologi, Pendidikan, Dinamika Psikologis Dan Kelekatan Pada Agama Di Era Banjir Informasi, edited by Yan Kalampung Jeane Marie Tulung, Achmad Syahid, Yanice Janis. Depok: Rajawali Pers, 2019.

Mardiharto, Mardiharto. “Pola Asuh Pendidikan Kerohanian Pada Anak.” PASCA?: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 15, no. 1 (2019): 23–27.

Mbeo, Deni, and Melyarmes H. Kuanine. “Pengaruh Spiritualitas Terhadap Perilaku Belajar Siswa.” Sesawi: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 86–98.

Najoan, Denny. “Memahami Hubungan Religiusitas Dan Spiritualitas Di Era Milenial.” Educatio Christi. 2020 1, no. 1 (January 2020): 64–74.

Nego, Obet. “Spiritualitas Calvin Sebagai Spiritual Formation Mahasiswa Teologi.” Jurnal Manna Rafflesia 6, no. 1 (2019).

Ovilia Wuwung, Paultje Tampa. “Tantangan Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Revolusi Industri 4.0.” In Generasi Milenial: Diskursus Teologi, Pendidikan, Dinamika Psikologis Dan Kelekatan Pada Agama Di Era Banjir Informasi, edited by Yan Kalampung Jeane Tulung, Achmad Syahid, Yanice Janis, 137–149. Depok: Rajawali Pers, 2019.

Pattipeilohy, Stella Yessy Exlentya. “Calvin Dan Spiritualitas Kerahiman.” Gema Teologika 2, no. 2 (2017): 127.

Pazmino, Robert W. Fondasi Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012.

Pranoto, Minggus M. Spiritualitas Pelayanan Kristen, n.d.

Rifai, Muh Husyain. “Mengenal Generasi Milenial guna Kesiapan Tenaga Pendidik dan Dosen di Indonesia.” Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 3, no. 2 (2018): 134–143.

Rumahorbo, Benget. Peranan Pendidikan Agama Kristen dalam Pembentukan Spiritualitas Mahasiswa di era Revolusi Industri 4.0. Majalah Ilmiah METHODA. Vol. 9, December 2019.

Sairin, Weinata. Identitas Dan Ciri Khas Pendidikan Kristen Di Indonesia Antara Konseptual Dan Operasional. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.

Seymour, Jack L. Memetakan Pendidikan Kristiani: Pendekatan-Pendekatan Pembelajaran Jemaat. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.

Shimabukuro, Gini. “Toward a Pedagogy Grounded in Christian Spirituality.” Journal of Catholic Education 11, no. 4 (2008): 6–7.

Siahaan, Daniel Syafaat. “Pendidikan Kristiani Sebagai Instrumen Penyadaran Pentingnya Pertumbuhan Spiritualitas Dalam Konteks Budaya Populer.” Gema Teologika 1, no. 2 (2016): 123.

SIBARANI, APRIANI M. “Media Sosial Sebagai Konteks Pendidikan Kristiani Kontekstual Bagi Generasi Millennial.” Jurnal Ilmiah Maksitek. makarioz.sciencemakarioz.org, 2020. https://makarioz.sciencemakarioz.org/index.php/JIM/article/download/144/140.

Simanjuntak, Junihot. Filsafat Pendidikan Dan Pendidikan Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2013.

Stevanus, Kalis. “Tujuh Kebajikan Utama Untuk Membangun Karakter Kristiani Anak.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 1, no. 1 (2018): 79–95. http://www.jurnalbia.com/index.php/bia/article/view/21.

Sukono, Djoko. “Teologi ‘Manusia Baru’ Relevankah Di Era Milenial.” PASCA?: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen (2019).

Susabda, Yakub B. “Give The Best To The Lord (Dari Perspektif Integrasi Teologi Dan Psikologi).” Jurnal Aletheia 15, no. 5 (2013): 45–61.

Syihabuddin. Pedagogik Spiritual: Telaah Ihwal Landasan Nilai Dan Prinsip Pendidikan Dalam Perspektif Guru Berprestasi. Jakarta: Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia VIII, 2016.

Tanya, Eli. Gereja Dan Pendidikan Agama Kristen. Cianjur: STT Cipanas Press, 1999.

Tarumingi, Denny A. “Pendidikan Agama Kristen Sebagai Panggilan Kerasulan.” Educatio Christi 1, no. 1 (2020): 9–16. https://ejournal.teologi-ukit.ac.id/index.php/educatio-christi/article/view/5/2.

Titaley, John A. “Religiositas Generasi Milenial: Tantangan Bagi Kehidupan Beragama Dari Perspektif Kristiani.” In Generasi Milenial: Diskursus Teologi, Pendidikan, Dinamika Psikologis Dan Kelekatan Pada Agama Di Era Banjir Informasi, edited by Yan Kalampung Jeane Marie Tulung, Achmad Syahid, Yanice Janis. Depok: Rajawali Pers, 2019.

Tjahjadi, Stanley. Guruan Spiritual: Suatu Pendekatan Baru Bagi Guruan Kristiani. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2002.

Wasida, Lilly. “Pandangan Beragama Generasi Milenial Dalam Ruang Virtual.” In Generasi Milenial: Diskursus Teologi, Pendidikan, Dinamika Psikologis Dan Kelekatan Pada Agama Di Era Banjir Informasi, edited by Et.al Jeane Tulung, 2019.

Wattimena, Reza Alexander Antonius. “Pendidikan Manusia-Manusia Demokratis Filsafat Pendidikan Noam Chomsky Relevansi Serta Keterbatasannya Pada Konteks Indonesia.” Jurnal Filsafat Arete (2012).

Zaluchu, Sonny Eli. “Metode Penelitian Di Dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan.” Jurnal Teologi Berita Hidup 3, no. 2 (March 25, 2021): 249–266. https://e-journal.sttberitahidup.ac.id/index.php/jbh/article/view/93.

Zega, Yunardi Kristian. “Teori Perkembangan Iman Remaja Menurut James Fowler Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio 12, no. 2 (2020): 140–151.

Published

2021-05-17

How to Cite

Masinambow, Y. ., & Nasrani, Y. (2021). Pendidikan Kristiani sebagai Sarana Pembentukan Spiritualitas Generasi Milenial: Christian Education as a Tool for Spiritual Formation in the Millennial Generation. PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 17(1), 64-81. https://doi.org/10.46494/psc.v17i1.114